Pengertian Integrasi Nasional Dalam Arti Politis dan Antropologis | simpleNEWS05



pengertian integrasi nasional secara politis dan antropologis
Pengertian integrasi nasional secara politis dan antropologis

Pernahkah teman-teman mendengar kata Integrasi? Biasanya kata integrasi digunakan pada sebuah peristiwa atau proses penyatuan masyarakat atau kelompok yang mempunyai beberapa perbedaan akan tetapi dalam penyatuan tersebut mereka masih mempertahankan jati dirinya.

Sedangkan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia lebih dikenal dengan integrasi nasional, sebab kultur atau kebudayaan di Indonesia sangat beragam sehingga memerlukan tingkatan integrasi yang lebih baik lagi. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang pengertian integrasi Nasional secara politis dan secara antropologis.

Integrasi nasional berasal dari dua kata, yaitu “integrasi” dan “nasional”. Integrasi berasal dari bahasa Inggris, integrate, artinya menyatupadukan, menggabungkan, mempersatukan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi artinya pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Kata nasional berasal dari bahasa Inggris, nation yang artinya bangsa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi nasional mempunyai arti politis dan antropologis.
  1. Integrasi nasional secara politis berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.
  2. Integrasi nasional secara antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa integrasi nasional bangsa indonesia berarti hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai suatu bangsa, menjadi satu kesatuan bangsa secara resmi, dan direalisasikan dalam satu kesepakatan atau konsensus nasional melalui Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Nah itulah pengertian integrasi nasional secara politis dan antropologis, semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan teman-teman semua.

Sumber pustaka: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Penulis : Nuryadi dan Tolib. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Integrasi Nasional Dalam Arti Politis dan Antropologis | simpleNEWS05"

Post a Comment