Pembagian Desentralisasi Menurut Amran Muslimin | simpleNEWS05



pembagian desentralisasi menurut amran muslimin
Pembagian desentralisasi menurut amran muslimin

Istilah desentralisasi sangat erat kaitannya dengan sistem otonomi daerah yang diberlakukan di Indonesia sejak berakhirnya era Orde Baru. Dengan adanya sistem desentralisasi ini membuat wewenang pemerintah daerah atas daerahnya lebih banyak dibandingkan dengan pemerintah pusat. Apa itu desentralisasi?


Desentralisasi adalah suatu proses penyerahan sebagian wewenang dan tanggung jawab dari urusan yang semula adalah urusan pemerintah pusat kepada badan-badan atau lembaga-lembaga pemerintah daerah. Tujuannya adalah agar urusan-urusan dapat beralih kepada daerah dan menjadi wewenang serta tanggung jawab pemerintah daerah.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya desentraliasai ini, salah satunya ialah dengan adanya desentralisasi asas demokrasi dapat lebih berkembang karena masing-masing daerah dapat menentukan kebijaksanaannya sendiri sepanjang tiadak melanggar undang-undang atau aturan pemerintah usat atau yang diatasnya.

Menurut Amran Muslimin (2009:120), desentralisasi dibedakan menjadi 3 (tiga) bagian yitu desentralisasi politik, desentralisasi fungsional, dan desentralisasi kebudayaan. Berikut penjelsan dari ke tiga bagian desentralisasi tersebut.

  1. Desentralisasi politik, yakni pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat yang meliputi hak mengatur dan mengurus kepentingan rumah tangga sendiri bagi badan-badan politik di daerah yang dipilih oleh rakyat dalam daerah-daerah tertentu.
  2. Desentralisasi fungsional, yaitu pemberian hak kepada golongangolongan tertentu untuk mengurus segolongan kepentingan tertentu dalam masyarakat baik terikat maupun tidak pada suatu daerah tertentu, seperti mengurus irigasi bagi petani.
  3. Desentralisasi kebudayaan, yakni pemberian hak kepada golongan-golongan minoritas dalam masyarakat untuk menyelenggarakan kebudayaan sendiri, seperti ritual kebudayaan.

Nah itulah pembagian desentralisasi menurut Amran Muslimin, dimana Amran Muslimin membagi desentralisasi dibagi menjadi 3 bagian yaitu desentralisasi politik, desentralisasi fungsional, dan desentralisasi kebudayaan. Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu teman-teman semua.





Sumber pustaka: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.


Materi Lainnya:

0 Response to "Pembagian Desentralisasi Menurut Amran Muslimin | simpleNEWS05"

Post a Comment