Contoh Kebutuhan Individu



Contoh Kebutuhan Individu

Kebutuhan manusia terbilang tidak ada batasnya berupa barang maupun jasa, setiap ada kebutuhan yang dipenuhi maka setiap itu pula kebutuhan-kebutuhan lainnya akan bermunculan dan meminta untuk dipenuhi. Apa itu pengertian kebutuhan? Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mencapai kesejahteraan dan jika tidak terpenuhi maka kehidupannya akan terganggu.


Kebutuhan manusia mencerminkan adanya perasaan kurang puas yang ingin dipenuhi dalam diri manusia yang muncul secara alamiah untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Pada dasarnya terdapat banyak sekali kebutuhan dari manusia, maka dari dalam dunia ekonomi kebutuhan manusia tersebut terbagi atas beberapa kelompok. Salah satunya yaitu kebutuhan berdasarkan subjeknya.

Subjek disini ialah manusia itu sendiri yang mempunyai kebutuhan, apakah manusia itu secara individu ataupun kelompok. Sehingga dalam kelompok kebutuhan berdasarkan subjeknya kebutuhan manusia itu dibedakan menjadi 2, yaitu kebutuhan individu atau perseorangan dan kebutuhan kolektif atau kelompok.

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang kebutuhan individu berserta contohnya, apa itu kebutuhan individu? Kebutuhan individu atau perseorangan ialah kebutuhan yang pemuasannya diperuntukkan bagi individu yang bersangkutan sehingga orang yang satu dengan yang lain kebutuhannya akan berbeda. Kebutuhan perorangan akan berbeda untuk setiap orang atau sangat bergantung kepada profesi orang yang bersangkutan.

Banyak contoh dari kebutuhan individu atau perorangan ini, misalnya seorang petani dengan seorang dokter akan berbeda. Petani memerlukan traktor, pupuk, cangkul, pestisida dan benih tanaman, sedangkan dokter memerlukan jarum suntik, infuse, stetoskop, dan obat-obatan. Atau misalnya kebutuhan pakaian seorang guru berbeda dengan seorang petani atau buruh pabrik.

Pada contoh lainnya dari kebutuhan individu atau perorangan misalnya, seorang siswa membutuhkan buku dan alat tulis, makanan, pakaian, dan olahraga; Seseorang yang mempunyai gangguan penglihatan akan membutuhkan alat bantu dengar atau kacamata; Dan kebutuhan akan obat jantung bagi penderita penyakit jantung.


Materi Lainnya:

0 Response to "Contoh Kebutuhan Individu"

Post a Comment