Home » » Proses Terjadinya Gerhana Matahri dan Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Matahri dan Gerhana Bulan

Posted By Muhammad Malik on | 5:20:00 PM



Proses Terjadinya Gerhana Matahri dan Gerhana Bulan ~ Gerhana merupakan sebuah peristiwa alam yang sangat langka dan tidak terjadi setiap tahunnya, bahkan dapat terjadi ratusan tahun pada tempat atau kawasan yang sama. Pada tahun 2016 ini terjadi gerhana matahari total yang melintasi beberapa wilayah Indonesia, dimana banyak sekali peneliti dan ilmuan yang sengaja datang untuk mengamati peristiwa langka tersebut.

Bumi dan bulan merupakan benda angkasa yang tidak memiliki cahaya sendiri. Tanpa adanya cahaya matahari yang dipantulkan oleh bumi maupun bulan, maka bumi tidak akan terlihat dari bulan demikian juga bulan tidak akan terlihat dari bumi. Jika dalam peredarannya bumi maupun bulan berada dalam suatu garis lurus dengan matahari, maka memungkinkan akan terjadinya peristiwa gerhana matahari atau bulan.

Gerhana matahari dan Gerhana bulan [image by rumaysho.com], 
1. Gerhana Matahari
Gerhana matahari merupakan gerhana yang terjadi sebagai akibat bayang-bayang bulan mengenai bumi, dimana cahaya matahari yang menuju bumi pada siang hari terhalang bulatan bulan. Oleh karena diameter bulan tidak lebih besar dari diameter bumi, maka gerhana matahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan bumi dan berlangsung lebih kurang 7 menit.
2. Gerhana Bulan
Gerhana bulan adalah gerhana yang terjadi akibat bayang-bayang bumi mengenai bulan, artinya cahaya matahari yang menuju bulan pada malam hari terhalang oleh bulatan bumi. Diameter bumi lebih besar dari diameter bulan. Seluruh bulatan bulan akan tertutup oleh bulatan bumi sehingga ketika peristiwa gerhana bulan, seluruh permukaan bumi yang saat itu terjadi malam hari akan mengalami gerhana bulan yang berlangsung lebih kurang dalam rentang waktu 1 jam 40 menit.

Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:

Bagikan ke Temanmu


0 komentar:

Post a Comment