Home » » Prinsip dan Aspek dari Geografi

Prinsip dan Aspek dari Geografi


Menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI), defenisi atau pengertian dari geografi adalah studi pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer melalui pendekatan kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan. Dalam mengkaji gejala atau peristiwa dalam ruang, geografi selalu mempergunakan konsep lokasi, jarak, tempat, hubungan timbal balik, gerakan, dan perwilayahan.


Berdasarkan bidang kajiannya, geografi terbagi atas tiga cabang ilmu, yaitu Geografi Fisik, yang mepelajari bentang lahan dari permukaan bumi; Geografi Manusia, yang mempelajari jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, aktivitas ekonomi, politik, sosial, dan budayanya; dan yang terakhir Geografi Teknik, yang mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan
menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan citra hasil penginderaan jauh.

Pada umumnya terdapat beberapa prinsip dasar dari geografi yaitu, prinsip persebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi. Berikut ini penjelasan dari keempat prinsip geografi tersebut:
  1. Prinsip Persebaran adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan persebaran gejala di permukaan bumi yang cenderung tersebar tidak merata.
  2. Prinsip Interelasi adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan hubungan timbal balik (interelasi) antara gejala yang satu dan gejala yang lainnya.
  3. Prinsip Deskripsi adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan pemaparan (deskripsi) suatu gejala di permukaan bumi baik melalui tulisan, tabel, diagram, peta, atau video.
  4. Prinsip Korologi (keruangan) adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan kajian gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari aspek persebaran, interelasi, dan interaksinya dalam ruang (permukaan bumi) yang membentuk suatu integritas atau kesatuan tertentu.
Ilustrasi geografi [image by blog.bersiap.com], 
Selain prinsip geografi juga memiliki beberapa aspek yang terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu aspek topologi, aspek nonbiotik, aspek sosial, aspek ekonomi, aspek budaya, dan aspek politik. Berikut ini penjelasan dari ke tujuh aspek dari geografi tersebut:
  1. Aspek Topologi, meliputi unsur letak, batas, luas dan bentuk (morfologi) dari suatu wilayah.
  2. Aspek Nonbiotik, meliputi unsur kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.
  3. Aspek Biotik, meliputi unsur vegetasi (tetumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan kajian penduduk.
  4. Aspek Sosial, meliputi unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
  5. Aspek Ekonomi, meliputi unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.
  6. Aspek Budaya, meliputi kajian unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.
  7. Aspek Politik, meliputi unsur pemerintahan dan kepartaian yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By Muhammad Malik on | 1:20:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Back to top