Home » » Pengertian Nebula dan Bintang

Pengertian Nebula dan Bintang


Selain planet, galaksi, meteor, dan asteroid, terdapat pula beberapa hal yang dapat kita lihat di luar angkasa. Beberapa hal tersebut ialah yang disebut dengan Nebula dan Bintang, jika anda sering menonton film yang bertemakan luar angkasa pasti akan sering mendengar dua istilah tersebut. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Nebula dan Bintang? Berikut ini akan dijelaskan.


Nebula adalah kabut atau awan debu dan gas yang bercahaya dalam suatu kumpulan yang sangat luas. Nebula banyak diyakini oleh para ahli sebagai suatu materi cikal bakal terbentuknya suatu sistem bintang, seperti sistem bintang matahari atau disebut tata surya. Nebula yang terkenal, antara lain nebula Orion M42 pada rasi Orion dan Nebula Trifid pada rasi Sagitarius.

Sedangkan Bintang adalah benda angkasa yang memiliki cahaya sendiri. Salah satu bintang adalah Matahari atau disebut Bintang Matahari (The Sun Star), nama-nama bintang lainnya, antara lain Bintang Polaris, Antares, Aldebaran, Sirius, Spica, Betelguese, Hidra, Pegasus, Phoenix, Carina, dan Vega.

Nebula dan Bintang [image by www.hutui6.com], 
Kelompok bintang-bintang yang membentuk pola tertentu dan letaknya berdekatan disebut Rasi Bintang atau Konstelasi Bintang. Contohnya, rasi bintang Pari (Crux) yang merupakan kumpulan dari empat bintang yang letaknya berdekatan, yakni Bintang Alfa, Beta, Gamma, dan Delta. Selain rasi bintang Crux, nama-nama rasi bintang lainnya, antara lain rasi bintang Orion, Centauri, Ursa Mayor, Lyra, dan Aquilla.

Di sekitar ekliptika yang seolah-olah melingkari bola langit terdapat 12 rasi bintang yang disebut Zodiak. Dua belas Rasi bintang yang terdapat di sekitar ekliptika adalah Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricornus, Aquarius, dan Pisces.


Dari penjelasan singkat diatas maka dapat lah kita ketahui bahwa nebula merupakan suatu awan atau kabut yang memancarkan cahaya dan mempunyai ukuran yang sangat luas, sedangkan bintang merupakan benda angkasa yang memiliki cahaya sendiri. Contoh terdekat bintang yang dapat kita amati ialah matahari.

Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By Muhammad Malik on | 4:14:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Back to top