Home » » Pengertian dan Klasifikasi Planet

Pengertian dan Klasifikasi Planet

Dalam sistem tata surya terdapat beberapa benda-benda angkasa yang dapat kita lihat, diantaranya ialah matahari, planet, bulan dan satelit lainnya, asteroid, dan komet. Khusus untuk benda angkasa yang bernama planet, terdapat sembilan planet yang terdapat dalam sistem tata surya dan hanya satu planet yang dapat dihuni yaitu planet bumi.


Mungkin diantara kita amsih belum mengetahui pengertian dan klasifikasi dari planet, kita hanya dapat mengatakan planet tapi kita tidak dapat mengartikan planet itu apa. Nah berikut ini akan diuraikan secara singkat mengenai pengertian dan klasifikasi Planet.

Planet merupakan benda angkasa yang tidak memiliki cahaya sendiri, berbentuk bulatan dan beredar mengelilingi matahari. Sebagian besar planet memiliki pengiring atau pengikut planet yang disebut satelit yang beredar mengelilingi planet.

Planet [image by carnivalparade.wordpress.com], 
Dalam sistem tata surya terdapat delapan planet. Berdasarkan urutan nya dari matahari. Planet-planet tersebut terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, beredar mengelilingi matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing dalam suatu sistem tata surya.

Klasifikasi Planet Berdasarkan Massanya

Menurut massanya, planet dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Plannet bermassa Besar dan Planet Bermassa Kecil:
  1. Planet Bermassa Besar (Superior Planet), terdiri atas Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  2. Planet Bermassa Kecil (Inferior Planet), terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Klasifikasi Planet Berdasarkan Jaraknya ke Matahari

Berdasarkan jarak dengan matahari, planet dapat dibedakan menjadi dua, yaitu planet dalam dan planet luar:
  1. Planet Dalam (Interior Planet), yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih dekat dari jarak rata-rata bumi ke matahari atau lintasannya berada di antara lintasan bumi dan matahari. Berdasarkan kriteria tersebut, maka yang termasuk Planet Dalam adalah Merkurius dan Venus.
  2. Planet Luar (Eksterior Planet), yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih jauh dari jarak rata-rata bumi ke matahari atau lintasannya berada di luar lintasan bumi. Planet-planet yang termasuk ke dalam kelompok planet luar, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:



Posted By Muhammad Malik on | 5:01:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...