Home » » Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Teknik

Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Teknik

Pada postingan sebelumnya kita telah membhas tetang dua dari tiga cabang ilmu geografi, yaitu Geografi Fisik dan Geografi Manusia. Cabang ilmu geografi berdasarkan bidang kajiannya yang terakhir yang akan kita bahas pada postingan kali ini ialah Geografi Teknik, apa sebenarnya pengertian geografi teknik itu? dan apa saja cabang ilmu dari geografi teknik tersebut? Berikut ini penjelasannya.


Geografi Teknik merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan citra hasil penginderaan jauh. Cabang ilmu Geografi Teknik yaitu sebagai berikut.

1. Kartografi, adalah ilmu dan seni membuat peta. Peta dibuat dengan menggunakan hasil-hasil pengukuran dan pengumpulan data dari berbagai unsur dipermukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, dan kartograf.

Ilustrasi geografi teknik [image by www.ctvnews.ca], 
2. Penginderaan Jauh, adalah ilmu dan seni yang menghasilkan informasi mengenai objek, daerah, atau gejala. Dilakukan dengan menganalisis data yang diperoleh menggunakan alat. Tanpa adanya kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji.

3. Sistem Informasi Geografis, adalah sistem informasi berbasis komputer dimana dapat menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis maupun nongeografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.


Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.


Posted By Muhammad Malik on | 12:58:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...