Home » » Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Manusia

Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Manusia


Pada postingan terdahulu kita telah membahas tentang satu dari tiga cabang ilmu dari geografi yaitu Geografi Fisik dimana geografi fisik ini mempelajari tentang  gejala fisik dari permukaan bumi yang
meliputi tanah, air, udara dengan segala proses dan dinamikanya. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang cabang ilmu geografi berikutnya yang disebut dengan Geografi Manusia.


Menurut R. Bintarto Geografi adalah studi yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi. Kajian secara fisik maupun yang mencakup makhluk hidup beserta permasalahannya. Kajian dilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, regional untuk kepentingan, proses, dan keberhasilan program.

Dari namanya pasti kita dapat menebak bahwa geografi manusia mempelajari tentang manusia, tapi apanya manusia yang dipelajari oleh ilmu ini? Ternyata geografi manusia mempelajari manusia dalam ruang termasuk di dalamnya jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, aktivitas ekonomi, politik, sosial, dan budayanya.

Ilustrasi geografi manusia [image by allaboutgeo.wordpress.com], 
Geografi manusia terbagi menjadi beberapa cabang yaitu geografi penduduk, geografi ekonomi, geografi politik, dan demografi. Berikut ini penjelasan dari cabang ilmu dari geografi manusia tersebut:
  1. Ilmu Ekonomi dan Geografi Ekonomi
  2. Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran, gejala-gejalanya, dan hubungan timbal balik dari usaha tersebut. Adapun Geografi Ekonomi membahas bagai mana usaha manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasil kan barang dagangan, pola lokasi, dan persebaran dari suatu kegiatan industri.
  3. Ilmu Politik dan Geografi Politik
  4. Politik adalah kegiatan pada suatu negara yang berhubungan dengan proses menentukan tujuan-tujuan yang telah dipilih suatu negara dalam rangka menggapai tujuan yang akan dicapai oleh negara tersebut. Adapun Geografi politik mempelajari unit-unit politik, wilayah , perbatasan, serta ibu kota suatu region dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.
  5. Demografi dan Geografi Penduduk
  6. Demografi adalah ilmu yang mempelajari keadaan dan dinamika perubahan-perubahan penduduk. Adapun Geografi Penduduk adalah cabang disiplin ilmu geografi yang mengemukakan variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan nondemografi dari penduduk. Selain itu, Geografi Penduduk mempelajari konsekuensi-konsekuensi sosial dan ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi-kondisi yang terdapat di dalamnya diberikan oleh unit atau suatu daerah.

Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.


Posted By Muhammad Malik on | 12:12:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top