Home » » Penyakit Hati : Buruk Sangka dan Khianat

Penyakit Hati : Buruk Sangka dan Khianat

Posted By Muhammad Malik on | 12:41:00 PM



Penyakit Hati : Buruk Sangka dan Khianat ~ Buruk sangka adalah menyangka yang tidak baik terhadap orang lain, sehingga menimbulkan kecurigaan yang tidak semestinya. Oleh karena itu, setiap muslim dilarang berburuk sangka terhadap siapa pun. Allah SWT berfirman dalam surat Al Hujarat ayat 12 yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain." (Al Hujarat : 12)
Dalam hadis Rasulullah juga dijelaskan sebagai berikut, yang artinya :
"Jauhilah olehmu prasangka buruk, karena sesungguhnya prasangka buruk itu adalah sebohong-bohongnya pembicaraan." (HR Muslim)
Khianat adalah perbuatan yang menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan oleh seseorang atau golongan, dan tidak bertanggung jawab atas amanat yang dipercayakan kepadanya. Khianat termasuk perbuatan yang sangat tercela dan berdosa. Oleh karena itu, setiap muslim dilarang berkhianat terhadap siapapun, lebih-lebih berkhianat kepada Allah dan Rasulullah.
Allah SWT berfirman dalam surat Al Anfal ayat 27, yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." (Al Anfal : 27)
Dalam hadis juga diteaskan sebagai berikut, yang artinya :
"Berikanlah amanat kepada orang yang dapat engkau percaya, dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang pernah berkhianat kepadamu." (HR Ashabus Sunan)
Baca juga:

Bagikan ke Temanmu


0 komentar:

Post a Comment