Home » » 5 Tempat Wisata Alam Kota Palopo yang Wajib Anda Kunjungi

5 Tempat Wisata Alam Kota Palopo yang Wajib Anda Kunjungi

Posted By Muhammad Malik on | 8:25:00 AM

Hai.. Hai.. Hai.. Travelers tidak terasa akhir pekan akan segera tiba dan akhir pekan kali ini akan terasa istimewa karena pada hari sabtu nanti bertepatan dengan libur nasional yang artinya bahwa sebagian dari kita akan menikmati liburan akhir pekan lumayan lama.

Nah.. pada liburan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengunjungi salah satu kota yang terletak disebelah utara dari privinsi sulawesi selatan yaitu Kota Palopo yang juga merupakan tempat kelahiran saya.

Mesjid Jami' Palopo [Image by myblogikhwan.blogspot.com], 
Kota Palopo merupakan salah satu kota yang terletak di sebelah utara provinsi sulawesi selatan yang sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja, sebelah utara dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Luwu dan sebelah timur berbatasan dengan Teluk Bone.

Kota Palopo terbagi atas sembilan kecamatan yaitu Kecamatan Wara, Kecamatan Telluwanua, Kecamatan Wara Utara, Kecamatan Wara Barat, Kecamatan Wara Timur, Kecamatan Mungkajang, Kecamatan Sendana, Kecamatan Bara dan Kecamatan Wara Selatan.

Di Kota Palopo terdapat banyak sekali objek wisata yang dapat kita nikmati jika berkunjung di Kota ini, mulai dari objek wisata alam hingga objek wisata sejarah yang dapat menambah wawasan kita tentang kota palopo.

Untuk kali ini, saya akan mengajak anda untuk mengunjungi objek wisata alam yang ada di kota Palopo. Berikut ini informasi destinasi 5 Tempat Wisata Alam Kota Palopo yang Wajib Anda Kunjungi yang di kutip dari situs palopotourism.info.


1. Wisata Alam Latuppa
Kawasan pariwisata agrowisata. Berhawa sejuk bernuansa pegunungan. Berada di ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut. Latuppa’ dikenal sebagai penghasil buah-buahan, terutama durian dan rambutan. Kawasan ini juga menjadi dan sumber mata air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palopo. (palopotourism.info)

Disini selain anda dapat menikmati suasana alam pegunungan yang indah, anda juga dapat menikmati sejuknya berendam di sungai yang mempunyai air yang sangat jernih. Tempat wisata ini terbuka setiap hari dan biasanya pada akhir pekan dan hari libur akan dipadati oleh pengunjung. Wisata Alam Latuppa dapat anda capai dengan mudah, sebab tempat wisata ini hanya berjarak 6-9 km dari pusat kota Palopo.

2. Permandian Alam Bambalu
Masuk di wilayah Battang Barat. Daerah ini dikenal dengan air terjun dan puluhan air sungai. Satu dari sekian banyak objek wisata pegunungan yang mendapat kunjungan paling banyak setiap minggunya. Di sepanjang perjalanan, ngarai dan lembah terlihat jelas di kelilingi pegunungan di sisi kiri-kanannya (palopotourism.info). Jarak tempat permandian ini dengan pusat kota yaitu 19 km.

3. Pantai Labombo
Berada di pusat kota. Sebuah suguhan panorama wisata bahari yang menawan. Sepanjang kawasan pantai dipenuhi barisan pohon kelapa dan beberapa gazebo terbangun indah. Selepas mata memandang, tampak birunya laut dan tempat pelelangan ikan (TPI) dan Pelabuhan Tanjung Ringgit terlihat jelas. Sarana rekereasi wisata bahari ini memiliki luas sekitar 2 Ha dan menjadi kawasan wisata andalan Palopo (palopotourism.info).

Disini pula kita dapat menikmati sarana permainan yang menantang adrenalin yang disediakan oleh pengelola. Objek wisata pantai labombo merupakan salah satu objek wisata pantai yang menjadi pilihan warga palopo saat menghabiskan liburan karena jarak dari pusat kota hanya sekitar 2 km dan mudah untuk dijangkau dengan kendaraan.

4. Bukit Sampoddo
Berada di daerah ketinggian, merupakan wilayah perbatasan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu. Nuansa pegunungan dengan hawa sejuk begitu kental terasa. Di kiri-kanan jalan yang berkelok, barisan pohon jati tumbuh menjulang.

Rumput-rumput hijau dan pot-pot bunga tertata rapi di sepanjang jalur perjalanan. Di sepanjang jalan, puluhan kedai berjejer menawarkan jagung rebus-bakar (palopotourism.info). Jarak objek wisata bukit sampoddo dari pusat kota palopo sekitar 7 km.

5. Goa Kalo Dewata
Di zaman penjajahan, gua ini dijadikan sebagai benteng pertahanan para pejuang kemerdekaan dari serangan para tentara Jepang dan Koloni Belanda. Letaknya di Kelurahan Battang Kecamatan Wara Barat kilometer 12 arah Palopo-Toraja.

Di dalamnya terdapat sebuah lubang dengan kedalaman sekitar 30 meter. Meski minim stalaktit dan stalakmit, Kalo’k Dewata menyimpan pesona wisata yang cukup menarik untuk ditelusuri (palopotourism.info). Adapun jarak objek wisata bukit sampoddo dari pusat kota palopo sekitar 9 km.

Mohon maaf jika gambar objek wisatanya belum ada, soalnya belum ada waktu untuk foto-foto pembaca harap maklum saja, hehehe...  NEXT 

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "liburan" berikut ini :

Bagikan ke Temanmu

1 komentar: