Home » » Jenis Olahraga Dilakukan Untuk Mengisi Waktu Luang

Jenis Olahraga Dilakukan Untuk Mengisi Waktu Luang


Jenis Olahraga Dilakukan Untuk Mengisi Waktu Luang ~ Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga tubuh tetap sehat yaitu dengan berolahraga, waktu yang digunakan untuk berolahraga minimal 30 menit dalam sehari. Akan tetapi, kadang-kadang karena terlalu sibuk dengan pekerjaan membuat aktifitas untuk menjaga kondisi tubuh tidak kita lakukan.

Ada baiknya jika kita mempunyai waktu luang dapat diisi dengan berolahraga, beberapa jenis olahraga yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu luang ada banyak, berikut ini beberapa jenis olahraga tersebut.

Hidup sehat ilustrasi [kesehatan.kompasiana.com], 
Jalan Sehat
Olahraga ini sangat mudah dilakukan. Selain murah, jalan sehat efektif untuk semua usia. Jalan sehat sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih. Olahraga ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dengan melakukan jalan sehat secara rutin antara 4–5 kali dalam seminggu selama 30–60 menit dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jika diimbangi dengan pola makan yang baik dan sehat, jalan sehat dapat menurunkan berat badan dengan baik.

Joging
Sama halnya dengan jalan sehat, joging juga termasuk jenis olahraga yang murah meriah. Melakukan joging secara teratur memberikan manfaat bagus untuk kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Joging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental. Joging memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan secara keseluruhan.


Bersepeda
Bersepeda juga merupakan salah satu pilihan jenis olahraga yang dapat dilakukan dalam mengisi waktu luang. Jika Anda senang olahraga dengan bersepeda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal tersebut adalah Bersepeda dengan Aman di Jalan Raya, Gunakan Helm dan Gunakan Shifter.

Olahraga Renang
Berenang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan berenang, seluruh tubuh bergerak dan melibatkan otot-otot besar seperti otot perut, otot lengan, pinggul, pantat dan paha. Berenang yang memenuhi syarat kesehatan dan keamanan, termasuk sebagai olahraga aerobik yang akan membuat paru-paru sehat dan melenturkan sendi terutama di bagian leher, bahu, dan pinggul.

Olahraga Permainan
Selain olahraga yang telah disebutkan, ada berbagai jenis olahraga permainan yang dapat dilakukan, di antaranya permainan tenis meja, badminton, bola voli, basket, sepak bola, atau futsal. Dengan melakukan olahraga permainan, di samping memberikan manfaat bagi kesehatan, juga dapat mempererat hubungan sosial.


Sumber Pustaka : Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By Muhammad Malik on | 8:56:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Back to top