Tipe-Tipe Kabinet | simpleNEWS05



Tipe-Tipe Kabinet
Tipe-Tipe Kabinet ~ Untuk menjalankan kekuasaan eksekutif, biasanya pemerintah membentuk kabinet atau dewan menteri. Tipe-tipe kabinet dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Kabinet ministeril, yaitu kabinet yang dalam pelaksanaan tugasnya dipertanggungjawabkan oleh para menteri, sedangkan kepala negara tidak dapat diganggu gugat (The king can do no wrong). Contoh : Inggris, Belanda, Indonesia (masa UUDS '50) dan sebagainya. dan
  2. Kabinet presidensial, Kabinet presidensial adalah kabinet yang pertanggungjawaban atas tugas-tugas pemerintahan dipegang oleh presiden. Kedudukan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan yang memiliki tanggung jawab atas segala jalannya pemerintahan, melainkan bertanggung jawab presiden. Contoh : Amerika Serikat, Filipina, Indonesia, dan lain-lain.
Sedangkan Berdasarkan ukuran "ada atau tidaknya campur tangan" DPR dalam kabinet, maka kabinet dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Kebinet Parlementer, yaitu kabinet yang pembentukannya dicampuri oleh parlemen, teruama oleh fraksi-fraksi yang mempunyai suara mayoritas.  Artinya, dengan memerhatikan serta memperhitungkan suara yang ada di parlemen. Pada umumnya, suara matoritas diparlemen akan mendapatkan kedudukan kuat dalam kabinet yang akan dibentuk.
  2. Kabinet Extra Parlementer, yaitu kabinet yang pembentukannya "diluar campur tangan parlemen".  Artinya, tanpa memperhatikan serta memperhitungkan suara yang ada di parlemen.
Berdasarkan "siapakah yang akan menjadi menteri" kabinet dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Kabinet partai, yaitu kabnet yang menteri-menterinya berasal dari beberapa partai yang menguasai suara terbanyak di parlemen.
  2. Kabinet Koalisi, yaitu kabinet yang menteri-meterinya berasal dari beberapa partai. yang secara bersama-sama menguasai kursi terbanyak diparlemen. dan
  3. Kabinet nasional, yaitu kabinet yang menteri-menterinya terdiri dari orang-orang yang berasal dari seluruh partai yang mempunya fraksi-fraksi di parlemen.

Materi Lainnya:

0 Response to "Tipe-Tipe Kabinet | simpleNEWS05"

Post a Comment