Home » » Unsur-Unsur Negara

Unsur-Unsur Negara


Unsur-Unsur Negara ~ Menurut ahli kenegaraan, Oppenheimer dan Lauterpacht, syarat berdirinya suatu Negara haruslah memenuhi unsure-unsur berikut :
  1. Rakyat yang bersatu,
  2. Daerah atau wilayah,
  3. Pemerintah yang berdaulat, dan
  4. Pengakuan dari Negara lain.

Konvensi Montevideo pada tahun 1993 menyebutkan bahwa unsur-unsur berdirinya suatu Negara antara lain berupa rakyat (penghuni), wilayah yang permanen, penguasa yang berdaulat, kesanggupan berhubungan dengan Negara-negara lainnya, dan pengakuan (dekralatif).

Dari dua pendapat tersebut, unsur rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat merupakan unsur konstitutif karena keberadaannya mutlak harus ada. Sedangkan pengakuan dari Negara lain merupakan unsur deklaratif yang bersifat formalitas karena diperlukan dalam rangka memenuhi unsur tata aturan pergaulan internasional.

Unsur deklaratif mempunyai arti strategis untuk membina hubungan kerja sama, rasa penghormatan, dan pengakuan kedaulatan dari Negara lain.


Baca juga postingan lainnya yang berhubungan dengan "negara" berikut ini :

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By Harno Malik on | 7:14:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Back to top